Jumat, 11 Mei 2012

Turkiye Tulip

Umre Plus Turkey, part 6.

Mengagendakan suatu perjalanan lengkap dengan alokasi waktu, tenaga dan biaya intinya adalah memang  membeli pengalaman!  Dengan mengunjungi suatu tempat, apalagi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, nyata-nyata pengalaman jadi bertambah....bener lho!

Yang tak saya sangka sebelumnya pada kunjungan ke Turki ini adalah dapat menikmati bunga tulip aneka warna, mekar di sepanjang sudut kota Istanbul! Lha soalnya saya mengira kalau pingin lihat tulip yang sebenarnya musti terbang ke negeri londo alias negara Belanda! ...lha kok di Istanbul ini tulip sungguh tumbuh melimpah ruah....subhanallah....

Bahkan....ini yang perlu mendapat perhatian....bunga tulip yang menjadi simbol Negara Belanda itu....pada aslinya adalah hadiah dari Sultan Turki!! ... oooo...baru tahu kan? makanya....  :)



Hasil membaca tabloit Turkey Star, saya jadi mengerti bahwa tulip bukan saja bunga asli Turki tetapi memang mempunyai arti penting dalam sejarah dan budaya Turki. Bahkan zaman Kekaisaran Ottoman disebut juga Ottoman Era Tulip. Tulip selalu menghias taman kediaman sultan-sultan, menjadi motif klasik pada karpet made in Turkey yang masyhur itu, terdapat juga pada relief-relief masjid dan menjadi subyek penting pada puisi-puisi Ottoman.

 Tulip-tulip tersebut 30% dibudidayakan oleh produsen lokal yang sebagian besar berlokasi di Istanbul bagian barat, sedangkan sebagian yang lain adalah hasil budi daya di Provinsi Konya.



Tulip mulai ditanam antara bulan Oktober-Desember, dimaksudkan agar pada musim semi, yaitu sekitar Maret-April- para tulip itu menjadi mekar....dan siap memeriahkan Festival Tulip!!  Waah..tak terbayang indahnya.... (sayang meski kami berkunjung pada bulan April, kami tak melihat kesibukan festivalnya....sudah lewat kalik ya??)

 Warna tulip sungguh beraneka ragam, ada merah, ungu, orange, pink...hhmmm... kabarnya pada zaman Ottoman spesies tulip mencapai 1800...walaah...








Konon, untuk meningkatkan popularitas festival tulip, diadakan pula lomba memotret tulip dan akan dipilih "The Most beautiful 50 tulips"... Jadi pingin ikut...

So colorful,
So bright,
So sweet...
Tulips..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas komentarnya...