Minggu, 13 Mei 2012

Hagia Sophia

Umre Plus Turkey, part 11

Bangunan bersejarah lain adalah Hagia Sophia, sebuah bangunan yang menjadi landmark kota Istanbul sejak zaman Konstantinopel. Sejarah Hagia Sophia sungguh unik, pernah menjadi simbol penting Kristen Ortodoks sekaligus Islam.
Kenapa demikian? Ceritanya begini:...



Pada masa kejayaan Konstantinopel, Hagia Sophia adalah gereja suci kebanggaan umat Kristen Ortodoks. Setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Turki Usmani, Hagia Sophia ini, atas perintah Mehmed II diubah fungsi menjadi masjid. Ornamen khas Kristen-nya ditutup dan diganti relief dan kaligrafi Islam dan ditambahkan minaret sebagai ciri khas masjid.
Hagia Sophia dibangun pada 532 Masehi dan memerlukan lima tahun untuk menyelesaikan pembangunannya. Sempat menjadi gereja Katolik pada tahun 1204, tetapi kembali menjadi gereja Ortodoks pada tahun 1261, dan kemudian menjadi masjid... (walaah...bener-bener multi fungsi ya, subhahanallah...kekuasaan Allah!)


Saat ini, di era Turki modern, Hagia Sophia berfungsi sebagai museum. Karena fungsinya tersebut ciri Kristen dan Islam-nya sama-sama diperlihatkan secara seimbang agar bangunan itu dapat bercerita kepada pengunjungnya...


Sampai saat ini bangunan Hagia Sophia masih relatif terjaga keasliannya, dan pernah selama 1000 tahun menempati rekor tertinggi sebagai bangunan dengan struktur terluas di dunia...  Top markotop!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas komentarnya...