Jumat, 11 Mei 2012

Blue Mosque


Umre Plus Turkey, part 7


"Where is the blue mosque?"...tanya seorang turis kepada pemandu wisata kami, Mr. Betretin.
"Oh, that one...!", jawab Mr. Betretin dengan ramah tamah.
"And where is the Sultanahmed Mosque?"...tanya turis itu lagi, mumpung ini kayaknya,.... mumpung ketemu pemandu wisata...
Dengan tersenyum simpul  Mr. Betretin menjawab "that one, too...Blue mosque and Sultanahmed mosque are the same, lady...."
Oooo....sami mawon to... kata saya dalam hati setelah menguping hasil percakapan mereka...saya kira juga beda lho...


Sultanahmed Mosque adalah masjid yang sangat populer di Istanbul dikarenakan sejarahnya. Sultanahmed Mosque dikenal dengan nama Blue Mosque...anehnya nama Blue Mosque justru tidak populer di kalangan penduduk setempat...jadi nampaknya julukan itu lahir dari para komunitas turis hehe...kreatif aja..

Kalau anda membayangkan bahwa Blue Mosque itu suatu masjid dengan warna biru menyolok yang menyita perhatian, anda tidak salah.... (maksudnya tak salah kalau membayangkan demikian, saya juga kok...)...hanya saja bayangan itu salah....(lho?)

Blue Mosque tidak punya tampilan luar berwarna biru. Warna masjid itu cenderung sangat natural, coklat atau abu-abu...bahkan cenderung ke warna semen acian ... Jadi kenapa diberi julukan Blue Mosque? Mari kita cari tahu sebab musababnya...

menuju tempat wudhu untuk wanita...."bayarlar icin abdest yeri.."  :)

air wudhunya sungguh dingin...sedingin es dalam kulkas...bbrrr...



Kami sempat melaksanakan sholat takhiyatul masjid dan sholat dhuhur di masjid populer ini. Alhamdulillah...sebuah pengalaman religi yang sebelumnya tak pernah terimpikan...sungguh mengharukan dan mengesankan...


Ternyata nama Blue Mosque disebabkan oleh bahwa sebagian ornamen interior keramiknya memang ada yang kebiru-biruan...meskipun sebetulnya tidak menyolok sekali...itu saja sih...jadi julukan Blue Mosque agak lebay ya...hihi...(hush! tidak boleh buat bahan becandaan, ini masjid, bung!)
Naah...yang hebat, konon keramik yang menghiasinya berjumlah 20 ribu keping keramik biru dengan ukiran kaligrafi...(tak percaya? monggo dihitung sendiri...)

Blue Mosque mempunyai enam minaret, diameter kubah 23.5 meter. Di dalam masjid berdiri kokoh pilar-pilar raksasa yang dijuluki pilar gajah saking besarnya... aslinya tentu lebih besar dari sekedar kaki gajah...mungkin tepatnya diberi nama pilar moyang gajah... :)

ini dia pilar moyang gajahnya....gede kan?


Pembangunan masjid ini adalah atas keinginan Sultan Ahmet yang pada awal abad 17 menaklukkan Istanbul dan menjadi pemimpin pemerintahan Turki Usmani. Nama resmi masjid ini Sultanahmet Mosque sesuai dengan nama pendirinya.



Berfoto bersama, full group di suatu sisi Blue Mosque...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas komentarnya...